Teknik menulis not angka lagu, by Aulia Saad

Advertisement
Assalamu’alaikum …

Hai kawan! Jumpa lagi dipostinganku di blog ini. Kali ini aku pngen ngebahas tentang teknik mencari dan menulis not angka lagu. Tapi, ini versi aku ya! Bener atau enggak, ya terserah kalian :)

Sebenarnya sih, aku juga bingung mau jelasinnya gimana. Dalam bermain musik, aku memang otodidak. Keluargaku juga hanya beberapa yang bisa main musik.

Kalau bermain pianika sih dulu sering banget sejak umur 11-14 tahun. Tapi dalam hal piano/keyboard yg kumulai sejak berhenti main pianika, kalo boleh jujur sih aku juga belum menguasai, termasuk yg paling standar seperti kunci chord. Walaupun begitu, aku bersyukur bisa peka terhadap melodi apapun yg kudengar.

Walaupun agak bingung, tapi aku coba kasih tips deh! Siapa tahu bisa membantu kalian yg ingin bisa mencari not angka dlm sebuah lagu.

Sering” dengerin nada solmisasi, atau tepatnya delapan tangga nada : do re mi fa sol la si do. Gak perlu dihafal, yg penting bisa ngerti nada-nada apa saja yg ada di alat musik. Tapi kalo mau dihafal sih ya gak masalah, biar lebih mudah jika dengar lagu bisa langsung tahu nadanya.

Kalo udah mau mencoba nulis not, sediakan ini : Kertas/buku, alat tulis, HP/MP3 Player, serta pianika/piano/keyboard, atau apapun alat musiknya.

Putar lagunya, dan tulis dulu liriknya di kertas/buku. Ingat, setiap lirik yg kamu tulis langkahi satu baris untuk nulis not angkanya nanti. Lebih jelasnya mungkin bisa lihat di tulisan” not angka yg aku buat di blogku ini.

Setelah selesai nulis liriknya, putar/replay kembali lagunya, dan dengarkan dengan cermat dan teliti. Nggak perlu sampai lagunya selesai, kelamaan. Cukup beberapa lirik/nada aja, setelah itu Pause.

Setelah mem-Pause-kan lagunya, langkah selanjutnya tinggal cari nada. Tekan nada do sampai do lagi, berikut dengan tuts hitamnya. Jangan semua tuts yg ada di alat musik itu ditekan, cukup 1 oktav aja. Kalo bisa sih, puterin lagunya sambil nyari nada juga.

Kalo udah ketemu satu atau beberapa nada, jangan lupa dicatat tepat dibawah lirik lagunya yg sudah ditulis tadi. Sesuaikan juga nada lagu dengan kosa kata liriknya, agar kamu bisa mengerti dan nanti nggak lupa lagi sama nadanya.


Oke, segitu dulu tipsnya ya kawan! Maaf bila ada kesalahan, karena hanya itu yg bisa aku jelaskan di sini. Seperti diawal tadi, jelasinnya bingung ._.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat! Kalo ada pertanyaan, silahkan lontarkan dikolom komentar, facebook, atau twitter-ku. :)

Wassalamu’alaikum …
Advertisement

1 Response to "Teknik menulis not angka lagu, by Aulia Saad"

  1. Kak request lagu anoman obong + intro nya buat sendiri kak

    ReplyDelete

Apa komentarmu tentang catatan ini?